Minggu, 01 Juni 2014

PERMOHONAN BANTUAN BUAT RYU

Pada ryu berumur  3 bulan kami membawa ke RSCM, Waktu itu saya dan istri membawa ryu pas mau lebaran cina. Harga tiket sangat mahal  hampir 2,5 juta totalnya.. kami membawa ryu dengan uang pas2an hasil pinjam sama nenek saya sampai sekarang masih ada hutang dan nenek  sudah meninggal, saya sayang banget sama nenek saya. Kami tinggal di rumah singgah Bangka tengah.. untung waktu itu ada kiriman dari orang tua dan mertua. Istri saya mendengar dari teman2 di rumah singgah banyak dapat bantuan dari pihak pemerintah dan swasta. Istri saya berkata : ya, apa kita gak minta bantuan? Saya bilang tidak, aya masih mampu. Aya punya gaji kok walaupun lagi cuti. Setelah itu dokter bilang jalan satu2nya ryu sembuh harus tranplantasi hati dengan biaya 800jt-1M. Saya langsung lemas,, darimana saya dapat uang begitu banyak. Sedangkan gaji saya hanya 2 juta lebih SK PNS saya juga sudah dikredit di BANK. 
Waktu pulang ke Bangka pada ryu berumur 5 bulan saya langsung mengajukan proposal dimana-mana. Untung Bupati Bangka Tengah (H. Erzaldi Rosman, SH) sangat baik proposal saya langsung di tanggapi, beliu siap membantu operasi anak saya. Saya dan kepala dinas kesehatan langsung berangkat ke RSCM, Membahas biaya operasi anak saya di RSCM. Pemerintah Bangka tengah siap menanggung dengan cara nyicil.. saya langsung berpikir.. nanti gimana nasib anak saya habis operasi?? sedangkan habis operasi biayanya perbulan 10 juta, hutang sama RSCM masih banyak. Menurut PERDA 50 juta pertahun. Sampai kapan lunas?? Apa saya harus membebankan daerah? Bagaimana saya harus membalas kebaikan Bapak bupati dan teman2 yang sudah membantu.
Kami pulang, eh kebetulan dapat bantuan dari pihak bandara dan dari bandara sampai rumah kami diantar dan dikasi bantuan.. terima kasih banyak dan tata bicara bapak2 sangat enak didengar. Ternyata tidak semua bantuan yang mengenankan hati.. jujur waktu saya mengajukan permohonan bantuan, saya sangat malu tapi itu semua demi ryu.. yang tidak mengenakan hati, ada satu perusahan di Bangka sangat terkenal, saya sudah mengajukan permohonan 8 bulan baru ada jawabannya, kebetulan istri saya di pangkal pinang mengambil tanda terima yg harus ditanda tangan lurah dan camat. Disini lah yang tidak mengenakan, nama juga anak lagi sakit ya saya dan istri agak sensitive. Karyawan itu berkata sama istri saya: Klu ibu gak bisa makan lagi,, datang aja kerumah saudara saya, bnyk saudara saya tinggal di koba.?? Trus dia berkata gunain uangnya untuk berobat? Ya jelas lah istri saya tersinggung. Trus saya yang ngambil uang ke esokan harinya.. dia berkata pada temannya, nunjukin uang yg dia kasi mau gak uang ini untuk lebaran, ke betulan besoknya hari isro miraj di Bangka ada memperingati hampir seperti lebaran dan dia berkata kalau bisa gak usah operasi aja,, kalau ada apa2 sama kamu,, siapa yang ngurus anak kamu.. ya saya maklumi, nama juga gak ngerti gimana operasi transplantasi hati. Keberhasilnya sangat besar, pendonor selamat 99,9% dan tidak ngerasaain posisi saya sebagai ayahnya.
                Bulan November waktu itu saya kehabisan uang karna dipakai untuk kebutuhan ryu dari beli obat, susu, imunisasi, berobat alternative, transportasi tiket ke jakarta dll sampai motor byson saya jual. Ryu buang air besarnya hitam kemungkinan ada pendarahan, sayapun bingung mau dapat uang darimana? Mau minjam, sudah banyak minjam uang. Ya sudah saya minta uang dari pemerintah daerah, saya sms bapak bupati, kalau mau mencairkan uang harus ada tanda tangan beliau, dan saya ketemuan sama beliau, saya hanya meminta uang transportasi dan kebutuhan disana, eh bapak bupati salah tanggap. Dikira saya minta uang 50juta untuk operasi, saya dibilang beliau pemerintah ada batasnya dan anak kamu sudah dibantu banyak orang, ya saya ngerti banget soal itu, saya juga gak ngasi penjelesan terlebih dahulu. Pada malam hari saya banyak berpikir kata2 beliau. Apa yang harus saya lakukan buat anak saya.?? besoknya kami berangkat ke Jakarta, tiket dibeli bapak bupati, sebelum ke bandara saya di suruh beliau ketemu dirumahnya.. saya kira mau dikasi uang (matre sedikit heeee) ternyata bukan,, rupanya saya dikasi nasehat yang paling penting dari mulut beliu, KAMU JANGAT DIPIKIRKAN MASALAH BIAYA, BAPAK SIAP MEMBANTU dan uang yang terkumpul untuk operasi. Apa yang saya pikirkan salah tadi malem. Jadi nasehatnya lebih berharga dari pada uang dan kebesokan harinya saya dapat bantuan dari bupati. Terimakasih banyak bapak, semoga bapak selalu diberi kesehatan. Habis dari umur ryu 5 bulan saya tidak pernah lagi mengajukan proposal, saya juga berpikir, operasi transplantasi prosesnya panjang, belum tentu juga bisa operasi, apa harus saya berpikir masalah biaya melulu, lebih baik saya jagain anak saya dan ngasi senyuman buat anak saya.
Dari januari sampai sekarang saya dijakarta kondisi anak saya sudah makin buruk,, ada berapa teman yang mengajak saya mengajukan proposal bantuan di jakarta ke jalinan kasih lah, peduli apaan lah, dan bahkan ngajak masuk media,, kayak penderita atrsia bilier yang sudah terkenal.. saya gak mau operasi aja belum jelas kapan?? Sudah mau masuk media. Tautau mau menjelekan rumah sakit sampai bikin heboh, ya saya berpikir 2x. anak saya aja dirawat di RSCM dengan baik. Gimana kalau gak jadi operasi, mau saya apain uangnya,, anak saya sudah sakit, tingkah laku ayah nya hanya mikirin uang, nambahin beban anak saya aja. Kalau sudah pasti operasi tau tanggal operasinya kapan, saya mau, kepresiden aja saya mau, kalau perlu saya bikin spanduk di bundaran HI minta bantuan kalau anak saya gak bisa operasi biayanya tidak ada, seperti kasus jual ginjal kemaren. he..
                Pada bulan maret anak saya dirawat ada seorang datang berbeda agama sama saya, dia survey untuk bantuan lewat donator di facebook (cinta dan bantu almira/peduli kasih untuk almira) Alhamdulillah saya dapat bantuan, baru disini saya ngerasa punya keluarga dijakrta, di jakartta saya dan istri  tidak ada saudara di Jakarta, ada yang peduli sama kami, disini saya melihat persatuan umat beragama. Yang bantu dari bermacam agama. Terimakasih buat adm. Cinta dan bantu almira.
                    dikarenakan team transplantasi singapur merencanakan ryu operasi 3 bulan lagi, saya memberanikan buat fb buat ryu namanya ryu berbagi hati(berbagi hati untuk ryu) bermaksud cari donatur, seperti anak atresia yang sudah masuk TV, ternyata tidak mudah, donatur tidak ada yang menghubungi,
                Maaf saya lupa, sebenarnya dapat bantuan ada yang menyedihkan, setiap orang bertemu saya, pasti nanya, gimana yon uangnya sudah terkumpul berapa? Kamu sudah banyak uang? Rion skrg banyak uang? Sudah di kasi bapak bupati uang yang dijanjikan? apakah gak bisa bertanya gimana keadaan anak kamu? dan paling menyakitkan ada teman kerumah,, berkata pada anak saya yang belum ngerti apa2, ryu kamu cepetan sembuhnya, kamu sudah banyak makan uang orang dan dibantu banyak orang.. saya hanya bisa bilang amien.. sebenarnya saya juga gak mau minta bantuan, malu, kalau saya mampu gak Bakalan minta bantuan.
                ada satu lagi, saya pernah minta bantuan ke yayasan di jakarta, disitu saya diminta tandatangan, isinya sebagian saya lupa, yang saya ingat bantuan maksimal 1 juta/bulan, uang yg terkumpul hasil donasi apabila tidak terpakai dikasi buat donasi berikutnya. bantuan hanya untuk obat dan susu dengan ada kwitansi. saya langsung tanda tangan, malemnya saya berpikir apakah uang yg terkumpul dikasi tau berapa jumlahnya? kalau hanya 1juta/bulan hanya bisa beli 4 kaleng susu pregestimil sedangkan 4 kaleng susu paling 8 hari sudah habis. kira2 berapa yayasan dapat 1 bulan dari anak saya? waktu itu saya mau ngasi kwitansi ke yayasan, eh kwitansi saya tidak berlaku karna sudah lebih berapa bulan. ya sudah saya bilang anak saya gak usah ke daftar diyayasan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar