Minggu, 01 Juni 2014

JAMINAN KESEHATAN RYU UNTUK TRANSPLANTASI HATI



Jaminan kesehatan ryu pada berobat tahun 2013 memakai ASKES PNS, Kebetulan saya PNS dipemkab Bangka tengah gol 2. Selama berobat di RSCM ryu tidak pernah dapat obat di tanggaung ASKES, jadi obat harus beli seperti Urdafak, vit E, dan aktavol, alasan pihak ASKES obat diluar tanggungan semuanya obat, kalau dirawat ryu bisa mengeluarkan biaya 4-6 juta waktu pulang, obatnya perbulan bisa 600ribu. Belum susu pregestimil yang mahal harga 1 kaleng 250ribu habis 1 kaleng bisa 4-5 hari.
Dulu saya pernah marah sama pihak ASKES dikarena saya juga lagi kalut mikirin uang sudah menipis dan mikirin biaya operasi, gara obat Abroxsol/obat batuk saya disuruh numbus RP.1500,00 langsung saya samperin pihak ASKES RSCM, maaf saya bertanya baik2, Amroxsol hanya harga Rp. 1.500 aja tidak ditanggung pihak ASKES, apa obat yang dibwah Rp.1.500 yang ditanggung, miskin banget ASKES. Pihak ASKES hany bilang ada obat ginerik yg tidak ditanggung.
                Operasi transplantasi hati membutuhkan biaya pendonor  190juta, pasien  600juta belum biaya scring 15juta/orang dan biaya obat perbulan 10juta, operasi transplantasi hati  tidak di tanggaung ASKES, ASKES hny memberi bantuan 101juta, ryu mendapat bantuan dari pemkab Bangka tengah 50juta maksimal pertahun, dan dapat sumbangan dari teman2 PNS 40juta.
                Pada tahun 2014 ASKES secara otomatis berubah BPJS, katanya tidak ada limidnya. Wah, saya langsung berpikir operasi anak saya gratis ni! Mana di iklan BPJS orang kaya menanggung orang miskin dan jaminan nasional. Datang saya bulan januari saya langsung nyamperin pihak BPJS RSCM untuk bertanya masalah operasi transplantasi hati, eh bukan yang saya pikirkan malahan kata pihak BPJS tidak ditanggung, trus saya bertanya giman bantuan buat anak saya, ya tidak ada lagi, kan bukan Askes lagi, dan saya bertanya lagi, kan BPJS tidak ada limidnya, kalau tidak ditanggung berarti ada limidnya?? Jawab mereka memang bener tidak ada limidnya, ya trus dia ngomong gak nyambung dengan pertanyaan w,, terus w bertanya pada tim tranplantasi hati katanya BPJS tanggung 250juta dan saya bertanya lagi pihak BPJS beda orang katanya di tanggung biaya operasi untuk pesien dan pendonor tidak. Kata dokter RSCM gak mungkin pihak BPJS tanggung biaya sebesar itu?? Jadi sampai skrg saya bingung.. yang mana yang benar… tapi Alhamdulillah skrg ryu pulang rawat tidak mengeluarin biaya lagi dan obat sudah ditanggung BPJS. Kecuali obat tidak ada diRSCM harus beli diluar. semoga operasi transplantasi bisa di tanggung BPJS, jadi saya tidak ngerepotin banyak orang dan operasi sama aja saya yang nanggung, karna hak saya punya jaminan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar