Jumat, 13 Juni 2014

KAPAN RYU TRANSPLANTASI HATI???



hasil lab saya scring

Sebelumnya saya menjelaskan transplantasi hati itu apa? Transplantasi hati adalah pemindahan sel, jaringan maupun organ hidup dari seseorang donor kepada orang lain atau resipien. Atau transplantasi dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya misalnya pencangkokan hati, dengan tujuan mengembalikan fungsi hati yang telah hilang.
Tjhang Supardjo MD Msurg FCCS menjelaskan bahwa pendonor yang mendonorkan sebagian hatinya dalam waktu 2 minggu, hatinya akan kembali tumbuh 60 persen, 1 bulan sebesar 80 persen, dan dalam waktu 6 sampai 8 bulan bisa kembali normal seperti biasa. Tjhang mengatakan, hati adalah organ satu-satunya yang bisa bergenerasi secara alami tanpa perlu obat dan fungsinya akan kembali normal hanya dalam waktu 2 bulan.,“Setiap satu orang bisa hidup dengan 30 persen hati yang sehat,” ujar dokter lulusan Zhejiang University School of Medicine, China.
Risiko kematian - sekitar tiga hingga lima dalam 1.000 bagi pendonoran hati dll, bagi saya ini tidak masalah, saya siap melakukan ini untuk anak saya, saya siap terima resiko.
usg saya
Kapan ryu transplantasi hati?? Ini merupakan pertanyaan saya dan banyak orang yang mengenal ryu, terutama yang bantu ryu, operasi transplantasi hati itu prosesnya panjang, sampai saya bosen menjawabnya, saya juga mau cepetan, saya juga gak kuat lagi lihat anak saya begini terus tanpa ada perkembangan.
 
PENDONOR harus melalui proses scrining dulu, pendonor harus golongan darah sama (kebetulan ryu, saya dan istri saya sama  
 golongan darahnya, golongan darah A) harus di periksa darahnya mulai dari darah lengkap/hematologi,hemostatis, imunoserogi (HIV,TORCH,Hepatitis) kimia klinik, bilirubin tumor marker,analisa urin, analisa tinja USG, Rogen, biopsy hati dll, keadaan pendonor harus sehat tidak ada penyakit di pendonor, lemak dll. Alhamdulillah sekarang saya sudah melewati 3 tahap pemeriksaan dan hasilnya bagus.

RESIPIEN/RYU harus dalam keadaan sehat, keadaan ryu sehat baik paru2, jantung dll, berat badannya pertama saya dapat informasi harus 10kg, tapi waktu dokter singapur datang ryu bisa operasi dengan keadaan berat badan Ideal dari ibu dara, sekarang BB ryu sudah 8 kg, BB ideal ryu 8,3 Kg dan ryu harus imunisasinya lengkap baik dasar dan tambahannya seperti Varisella, pnemococus, MMR dllnya, dikarenakan habis operasi transplantasi hati ryu tidak boleh lagi imunisasi.

Data pendonor dan resipien dikirim ke team transplantasi hati singapur, sekarang saya lagi menunggu kabar CT SCAN Angio ryu yang sudah dikirim kesana, saat team transplantasi singapur lihat ryu, meminta ryu periksa CT Angio, dokter heran dengan keadaan ryu, yang perutnya tidak terlalu besar seperti anak atresia lainnya.

Ryu direncanakan kurang lebih 2 bulan lagi operasi kalau keadaanya baik dan sudah memenuhi syarat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar