Selasa, 08 Juli 2014

KERAGUAN ENDOSKOPI/SKLEROTERAPI RYU LAGI






Sebelumnya saya jelasin dulu apa itu endoskopi dan skleroterapi dulu.
Endoskopi adalah metode untuk melihat bagian di dalam tubuh menggunakan tabung fleksibel yang memiliki kamera kecil di ujungnya. Alat ini disebut endoskop.
Skleroterapi adalah prosedur yang digunakan untuk merawat pembuluh darah atau malformasi pembuluh darah (malformasi vaskuler) dan juga system limpa. Obat diinjeksikan ke dalam pembuluh darah, yang membuat pembuluh darah tersebut menyusut. Digunakan pada anak-anak dan dewasa dengan malformasi vaskuler atau limpatik.
                Awalnya ryu endoskopi pada 21 januari  2014 dikarenakan ryu BAB darah, dengan hasil ryu terdapat varises esophagus grade 3 dan lambungnya mudah luka dan lecet  yang dilakukan oleh Dr. dr. Pramita Gayatri. Spa(k). ke 2 dilakukan dr Muzal Kadim, SpA(k) dilakukan skleroterapi pada tanggal 13 febuari 2014 waktu itu ryu muntah darah dan BAB darah. Ke  3 dilakukan 21 maret 2014 oleh dr Muzal kadim, SpA,(K) ryu juga muntah darah dan BAB darah sebelum endoskopi dan skleroterapi. Ke 4 dilakukan Dr. dr. hanifah Oswari, SpA (k) Tanggal 15 April 2014 sebelumnya juga ada muntah darah dan BAB darah. Habis itu sampai sekarang tidak ada BAB darah dan Muntah darah lagi. Ke 5 dilakukan lagi endoskopi dan skleroterapi lagi oleh Dr. dr. hanifah Oswari, SpA (k)  pada tanggal 02 juni 2014 tapi disini saya mulai kawatir, ryu sempat mengalami henti napas dan henti jantung. Tanggal 01 Juli 2014 dilakukan Dr. dr. hanifah Oswari, SpA (k) sama juga ryu mengalami henti napas dan henti jantung juga, ryu dikasi obat tidur lama tidurnya dan sudah tidur bangunnya lama menurut dokter ariani dikarenakan hati ryu sudah cerosis atau gangguan terhadap hatinya, waktu itu endoskopinya lama banget tidak seperti biasanya. Kata Dr. dr. hanifah Oswari, SpA (k) ngelakuinnya membuat saya jantungan, resikonya sangat besar kalau tidak dilakuin ryu bakalan sering muntah darah (varisesnya pecah).
                Setiap tindakan pasti ada resikonya, disini lah saya mulai kawatir dan ragu melakukan endoskopi dan skleroterapi lagi, ryu direncanakan 2-3 minggu lagi endoskopi dan skleroterapi. Kalau tidak operasi transplantasi hati ryu harus rutin endoskopi dan skleroterapi lagi.
                Kenapa ryu harus endokopi dan skleroterapi? Dikarenakan ryu ada varises esophagus, ini merupakan perjalana penyakit ryu, dikarenakan aliran darah ke hati terhambat atau kesumbat sehingga terjadi varises, kalau sudah skleroterapi varises menyusut, dan akan timbul lagi varises dikarenakan darah mencari jalan lain.
                Saya berharap ryu cepat operasi sehingga tidak perlu endoskopi / skleroterapi lagi. Rasanya saya tidak mau lagi endoskopi 2-3minggu lagi.
                 KABAR TERBARU, tadi pagi saya bertemu  Dr. dr. hanifah Oswari, SpA (k) saya bertanya dokter kapan anak saya bisa operasi, ya saya mau cepetan ryu operasi bikin saya jantungan, ini saya mau kirim surat ke dokter team transplantasi singapur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar